Selasa, 08 Februari 2011

Mereka Bilang Seleksi Alam


Mereka Bilang Seleksi Alam


Asslmlkum wr.wb
Salam Lestari. . .Sahabat Alam

            Coba Sahabat tanya kepada anggota pencinta alam, mengapa banyak calon anggota pencinta alam yang gugur sebelum menjadi anggota penuh, terlebih mengapa mereka gugur padahal mereka sudah menjadi anggota pencinta alam  penuh di organisasinya? atau  coba tanya mengapa setiap tahun anggota pencinta alam semakin berkurang?



            Atau mungkin kita bisa mendengar cerita rekan seperjuangan yang gugur saat proses pendidikan di organisasi pencinta alam yang diikutinya, jika sahabat sudah mengetahui jawabannya, lalu apakah langkah strategi sahabat untuk ikut mengembangkan geliat pencinta alam di Indonesia ini.

            Ternyata sahabat, beberapa jawaban yang terangkum sungguh sangat mencengangkan sebelum dapat dikatakan wajar seperti rekan saya dia keluar saat pendidikan dasar karena tidak kuat dengan pendidikan mental yang ada, namun rekan lainnya yang sudah menjadi angota penuh dia berkata bahwa apa yang menjadi tujuannya saat ingin bergabung di organisasi pencinta alam sungguh berbeda dengan apa yang dia dapatkan di organisasi pencinta alam (idealisme) dan beberapa alasan lain yang sahabat bisa cari sendiri.

            Lalu apa tanggapan mereka yang mendidik agar anggotanya menjadi anggota pencinta alam, tidak lain hanya dua kata yakni “seleksi alam,” benarkah demikian? Ayolah sahabat coba kita buka hati kita dan tanyakan apakah memang benar demikian?

            Jika kita sama-sama seperti itu maka roda perkembangan pencinta alam pasti hanya akan berada di bawah, ayo kita coba introspeksi apa yang salah sehingga setiap tahun jumlah pencinta alam semakin berkurang, apakah mereka hanya pengen dapat julukan pencinta alam, atau mereka sudah bosan dengan pendidikan ala pencinta alam, atau jangan-jangan memang ada yang salah dengan kata pen-cin-ta a-lam dengan apa yang dilakukan oleh yang namanya anggota pencinta alam?

Kirim jawaban sahabat beserta komentarnya, semoga dapat menjadi bahan introspeksi & inspirasi. . .

Salam Lestari. . .Sahabat Alam
wsslmkum wr.wb.


        A-tong Phinandhita Prianto
“Belajar menjadi sahabat alam”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar